Kamis, 26 Juli 2018

Tips Menghilangkan Rasa Grogi Saat Menyetir Mobil

Tips Menghilangkan Rasa Grogi saat Menyetir Mobil


Kebanyakan orang dengan mudah bisa mengendarai sepeda motor, namun hal berbeda terjadi ketika mereka harus belajar mengemudikan mobil. Meski secara teori kedua alat transportasi itu sama dalam hal pengoperasian, namun anggota tubuh yang digunakan berbeda. Pada mobil, aktivitas antara tangan dan kaki sama banyaknya. Sedangkan pada sepeda motor tangan menjadi andalan utama. Karena menggunakan dua anggota tubuh, banyak orang merasa grogi atau kikuk saat belajar mengemudikan mobil. Apalagi, dimensi mobil jauh lebih panjang dan lebar ketimbang sepeda motor.
Biasanya kalau pertama kali nyetir, kita suka gugup. Takut tiba-tiba di tengah jalan mobil mati atau takut enggak bisa parkir atau takut diomelin orang pas di jalan. Nah, rasa gugup itu biasa, kok. Namanya juga newbie. Tapi, tenang aja, ada cara mengatasi rasa gugup saat pertama kali menyetir.
Orang yang baru belajar nyetir mobil pasti diliputi rasa grogi. Terlebih lagi, belajarnya menggunakan mobil bertransmisi manual. Bagi kebanyakan orang mengemudi bukanlah hal yang mudah terlebih lagi bagi orang yang belum pernah mengemudikan sebuah mobil atau bahkan mobil manual sekalipun akan mengalami banyak kesulitan saat melakukannya. Disamping itu, nervous atau panic bahkan kerap menghantui bagi banyak pemilik mobil ketika sedang berada di ruang kemudi, namun pada umumnya berkendara di jalanan pastinya akan membutuhkan kemampuan cukup serta rasa waspada yang tinggi. Selain itu, kebanyakan para pemula pengendara akan lebih memilih belajar mngemudi dengan mobil manual dibanding dengan mobil matic.
Berikut ini merupakan ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengemudi mobil manual :
  1. Mengatur posisi tempat duduk
Ketika anda akan melakukan perjalanan maka sebaiknya anda mengatur posisi tempat duduk anda dengan senyaman mungkin sehingga anda akan nyaman ketika melakukan perjalanan jauh sekalipun. Selain itu, tempat duduk juga sangat mempengaruhi kaki anda ketika menginjak rem, kopling, bahkan pedal gas. Kemudian ketika megaplikasikan ketiga pedal tersebut sebaiknya anda benar – benar menginjak sepenuhnya supaya perjalanan anda selamat.
  1. Mengenali pedal
Untuk mengendarai sebuah mobil tentunya anda harus mengetahui cara pengaplikasian dan fungsi pedal yang ada dalam kendaraan anda tersebut, pedal yang ada pada sebelah kiri disebut pedal kopling, kemudian pedal yang berada di tengah adalah pedal rem, dan pedal yang ada di sebelah kanan adalah pedal untuk gas. Ketika anda sudah menghafal atau mengenali ketiga pedal tersebut maka anda sudah bisa mulai menggunaka kendaraan bermesin manual.
  1. Menguasai kopling
Kopling merupakan salah satu alat yang memiliki fungsi untuk memutuskan putaran mesin dan putaran roda yang masih berhubungan. Kopling juga memiliki fungsi untuk mengubah gigi atau nisa juga menambah bahkan mengurangi gigi yang akan anda gunakan tanpa merusak roda gigi yang berada di masing – masing gigi transmisi.
  1. Menginjak Kopling dengan Penuh
Salah satu hal baik yang harus anda ingat untuk memperhatikan  jarak antara ayunan pedal kopling dengan pedal rem atau pedal gas yakni denga menginjak kopling dengan penuh dan menahannya. Selain itu anda juga diharuskan melepas pedal kopling dengan hati – hati dan dengan teratur sampai mendengar suara mesin yang sudah mulai turun, kemudian anda bisa melakukan injakan pada pedal kopling berkali – kali supaya anda bisa mengenali suara mesin mobil.
  1. Menjalankan Mobil
Ketika anda sudah akan menjalankan mobil maka dengan perlahan anda bisa mengangkat kaki anda yang berada pada posisi kopling hingga putaran mesin menurun, kemudian anda bisa menginjak pedal gas dengan perlahan. Ketika melakukan kegiatan tersebut anda harus bisa menyeimbang kan antara gas dengan kopling secara perlahan.
Sebaiknya anda mencoba kegiatan tersebut berulang kali supaya tekanan yang dihasilkan pada saat menginjak gas dan melepas kopling bisa dikombinasikan. Kemudian anda juga bisa mencoba menemukan hasil kombinasian gas dan kopling dengan maksimal.
Disamping itu anda juga harus tetap waspada dan selalu berkonsentarsi pada rem tangan jika anda harus berhenti pada saat keadaan darurat. Disamping itu, jika pedal kopling anda lepas terlalu cepat maka mesin mobil anda akan mati. Maka dari itu anda harus selalu memperhatikan suara mesin apakah mesin mobil terdengar seperti ingin mati atau tidak maka lalukan penahanan pada pedal kopling lebih dalam. 
  1. Memindahkan Tuas Transmisi
Pengetahuan mengenai tuas gigi merupakan hal yang sangat penting dikuasai untuk mengemudi mobil manual. Jika mesin sedang dihidupkan dan kendengarannya suara mesinnya stabil maka anda bisa memindahkan tuas transmisi dari netral (N)Mmenjadi posisi gigi 1. Setelah itu anda bisa mulai menjalankan mobil dengan menginjakkan pedal gas secara enuh kemudian memindahkan perseneling ke gigi 1, kemudian kaki kanan berada pada pedal gas,  setelah itu dengan perlahan menangkat kopling hingga mobil bergerak dan mengangkat kopling dengan penuh hingga mobil berjalan sempurna.
Setelah mobil berjalan dengan stabil maka anda bisa mulai menambahkan gigi satu ke gigi dua ketika mobil berjalan. Disamoing itu anda juga harus selalu memperhatikan indicator RPM pada mesin mobil, dan jika sudah melewati angka 2 maka sudah bisa diartikan bahwa sudah lebih dari 2000 kali putaran per menit yang berarti sudah cukup jika anda ingin menambah gigi menjadi 2.
  1. Mengenali suara mobil
Untuk mengenali mobil sangatlah mudah, cukup dengan menginjakkan pedal kopling dengan penuh, kemudian mengangkat dengan perlahan hingga mendengar usara mesin menurun. Kemudian anda bisa mulai menjalankan mobil dengan perlahan dengan mengangkat kaki pada pedal kopling dan menginjak perlahan pedal gas.
Maka dari itu pengemudi pemula mobil manual akan membutuhkan cara khusus untuk dapat mengendarainya seperti sebagai berikut ini :
  1. Mengenali Fitur yang dimiliki mobil
Sebelum mulai mengemudi dengan mobil manual, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghafal. Sebaiknya anda menghafalkan terlebih dahulu elemen – elemen penting yang ada pada mobil anda seperti pedal rem, pedal gas serta kopling, serta usahakan untuk tidak salah menginjak karena akibatnya akan bisa bahaya. Selain itu, elemen yang wajib anda hafalkan yakni tombol lampu sign, klakson dan masih banyak lagi hal yang perlu anda hafalkan
  1. Latihan pada tempat yang cocok
Untuk belajar mengemudi, tentunya akan membutuhkan tempat yang pas terlebih lagi jika anda mengemudi mobil manual. Biasanya tempat yang cocok untuk digunakan belajar mengemudi yakni tempat yang cukup luas seperti di lapangan atau di kompleks tempat tinggal anda. Hal itu akan membuat anda lebih berkonsentrasi mengemudi serta  akan memudahkan anda juga untuk cepat menghafalkan elemen mobil tadi. Kemudian jika dirasa sudah terbiasa mengemudi tanpa perasaan nerveous serta juga diras sudah hafal, sebaiknya anda segera berpindah lokasi yang lebih ke jenjang serius lagi seperti pada jalanan umum yang masih belum begitu ramai.
  1. Konsentrasi
Pada saat mengemudi mobil yang bertransisi manual kebanyakan orang suka merasa bahwa dirinya sudah menjadi supir yang mahir ketika sudah memasuki mobil dan duduk di ruang kemudi. Namun sebaiknya hal tersebut dikurangi karena sebaiknya anda harus memastikan bahwa pikiran anda lebih tenang, rilex dengan konsentrasi yang penuh. Disamping itu, perlu anda ingat bahwa pada saat proses menyalakan moil maka sebaiknya anda pastikan dulu bahwa posisi mobil dalam keadaan netral atau tidak masuk gigi.
  1. Pedal kopling dan Gas Seimbang
Pada saat gear shift sudah ada di posisi gigi 1 kendaraan tentunya belum bisa berjalan karena anda belum menginjak pedal gas nya, tetapi anda jangan langsung menginjaknya full. Pada saat gas di injak anda harus mengankat pedal kopling secara perlahan. Kegiatan ini merupakan hal yang sulit pagi pengendara pemula karena pada saat pedal gas di injak kencang sementara pedal kopling belum terangkat akan mengakibatkan munculnya suara kasar. Namun, jika pada saat pengangkanatan ko[ling terlalu cepat maka terdapat dua kemungkinan yang akan terjad yakni mobil akan berjalan tersendat atau malah mesin nya mati. Kemudian jika mobil sudah berjalan dengan perlahan dan anda ingin melakukan perpindahan gigi nai ataupun pemindahan gigi turun maka sebaiknya anda selalu menginjak pedal kopling.
  1. Siaga rem ketika gas sudah stabil
Ketika anda sedang mengendarai kendaraan anda, maka anda bisa merasakan kecepatan melaku kendaraan anda, jika anda merasa kendaraan anda melaju dengan kecepatan tinggi dan anda ingin menurunkan kecepatannya, secara otomatis anda akan melakukan pengereman. Ketika anda melakukan pengereman secara otomatis pula kaki anda harus bergeser dari pedal gas menjadi pedal rem dan biarkan kopling nya. Untuk para pengendara pemuda sebaiknya anda tidak perlu terlalu mengingat hal – hal yang kompleks, mudah saja anda cukup menginjak pedal rem saja untuk membuat mobil anda lebih lambat atau memang melaju dengan perlahan.
Biasanya, seseorang akan dengan mudah memahami fungsi – fungsi yang ada dalam mobil mereka, namun tidak sedikit pula pengemudi yang selalu menganggap mengemudi merupakan hal yang mudah .
Ikuti tips di bawah ini agar anda tidak lagi grogi saat akan menyetir mobil :
1. Jangan Belajar dengan Ayah, Suami, atau Kakak
Keluarga atau orang dekat biasanya tidak sabaran dengan kelambanan kita dalam belajar, walhasil kita sering melupakan hal-hal penting seperti memindah gigi atau bahkan salah menginjak rem pada mobil matik, kan bisa saja berbahaya untuk kita. Dan sekarang harus bisa dipastikan bahwa anda harus belajar dari seseorang yang sudah mahir dan profesional dalam hal mengemudi.
2. Berlatih dengan Sendiri
Jangan berharap langsung lihai mengemudi hanya karena sudah berlatih beberapa hari. Mengemudi itu soal pengalaman, jadi berlatihlah sesering mungkin. Yang membuat anda bisa membiasakan sendiri saat akan memegang setir, dan melakukan hal yang sederhana saat akan menyalip mobil, menghadapi tikungan dan lainnya. Karena hal ini bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari.
3. anda harus bisa menguasai Teknik Memarkir
Kata mereka yang belajar mengemudi, soal parkir ini jadi momen-momen paling menegangkan. Jika belajar menyetir hanya memerlukan beberapa hari, urusan parkir ini mungkin butuh waktu hingga berbulan-bulan. Sebabnya tidak lain karena jenis parkir yang beragam, yang paling sulit adalah paralel.So, minta instruksturmu untuk mengajari soal parkir paralel ini.
4. Jangan Panik
Saat salah injak rem atau memindahkan gigi, jangan panik! Stay cool, rasa cemas justru bisa membuat konsentrasimu buyar. Karena sudah Umumnya, orang memang bisa saja gugup ketika pertama kali mengemudi.
5. Fokus
Karena saat berada di jalanan kita tidaklah sendirian. Dan sudah pastinya ada penggunajalan lain yang juga berada di sekitar mobil. Jangan coba-coba menelepon sembari mengemudi atau bahkan bercermin, sedikit saya matamu berbelok dari spion bisa saja tabrakan terjadi, baik dari arah belakang, samping bahkan depan.
Nah anda jangan percaya dengan yang namanya mitos jika pria akan selalu lebih baik saat dalam hal menyetir jika dibandingkan dengan wanita. Karena wanita pun bisa saja lincah seperti pria saat akan mengemudikan mobil.

sumber :Toyotaid

info promo toyota serang dapat menghubungi
Mas Agus Susenda
Tunas Toyota Serang
087774615744
081297368804

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda