Selasa, 24 Juli 2018


Kekurangan freon tak baik bagi AC Mobil


Freon adalah chlorofluorocarbon (CFC) yang telah dikaitkan dengan penipisan ozon, sehingga cepat menjadi tidak digunakan. Apakah ini berarti Anda harus keluar dan membeli HVAC baru segera? Lihatlah sejarah Freon dan apa yang terjadi dengan penggunaannya, sehingga Anda memahami cara menentukan tindakan terbaik dengan unit AC Anda.
Sejarah Freon
CFC pertama kali disintesis pada tahun 1890-an, tetapi mereka sangat berbahaya dan mudah terbakar. Pada 1920-an, tim lain dibentuk oleh General Motors untuk mencari alternatif yang lebih aman yang lebih stabil dan tidak beracun. Frigidaire, divisi GM, menerima paten untuk alat pendingin. Pada tahun 1930, GM dan DuPont bergabung dan membentuk Kimia Kinetik untuk memproduksi Freon.
Freon adalah gas tidak berwarna yang juga dikenal sebagai R-22. Dupont merek dagang nama Freon. CFC telah digunakan dalam kaleng pendingin dan aerosol selama bertahun-tahun, tetapi pada tahun 1974, seorang peneliti di University of California berhipotesis bahwa CFC menghancurkan lapisan ozon. Butuh waktu bertahun-tahun penelitian oleh National Academy of Science, tetapi akhirnya Amerika Serikat melarang penggunaan CFC dalam kaleng aerosol. Pada tahun 1987, Protokol Montreal, yang merupakan perjanjian lingkungan internasional, menetapkan fase keluar dari CFC.
Freon sendiri tidak hanya membahayakan lapisan ozon, tetapi pembuatan Freon melepaskan produk lain ke atmosfer. Gas ini, yang disebut HFC-23, juga berbahaya dan berkontribusi terhadap pemanasan global. Meskipun Freon sangat dibatasi dan diatur dalam penggunaannya, peranti yang lebih tua masih menggunakan dan melepaskan gas berbahaya ini.
Penggunaan Freon
Freon tidak hanya digunakan dalam unit pendingin udara, tetapi juga digunakan dalam lemari es tegak dan dada. Di atas mereka, ada sejumlah besar peralatan komersial dan industri yang menggunakan Freon di transportasi makanan dan gudang penyimpanan dingin. Bahkan dehumidifiers menggunakan R-22.
Anda dapat mengidentifikasi pendingin yang digunakan dalam sistem AC Anda dengan melihat pada papan nama. Ini harus memberikan banyak informasi tentang unit Anda, termasuk sertifikasi keselamatan dan peringkat listrik. Informasi ini mungkin terletak di unit kondensor luar ruangan, atau Anda dapat menghubungi pabrikan untuk mencari tahu di mana pelat ini akan ditempatkan.
Cara Kerja Freon didalam AC Mobil
Mari kita mulai dengan refrigeran (r134a) di dalam sistem. Refrigeran khusus ini khusus dibuat untuk industri otomotif pada akhir tahun 1980-an yang sedikit berbeda dari aplikasi pendingin rumah atau industri. Beberapa orang menyebut refrigeran ini sebagai "Freon" yang merupakan nama merek seperti Kleenex.
Bagian cairan ini, sebagian gas ditahan di bawah tekanan di dalam sistem. Ketika sistem tidak menjalankan refrigeran tetap menjadi gas di bawah tekanan rendah, sekitar 70 psi. Sifat optimum dari gas ini adalah kemampuannya untuk pergi dari gas panas ketika dikompresikan (250 psi pada sekitar 180 ° F atau 82 ° C), dan ketika didinginkan di kondensor yang terletak di depan radiator itu berubah menjadi tinggi hangat cairan tekanan yang kemudian dilepaskan melalui katup ekspansi atau tabung orifice (lubang kecil).
Cairan bertekanan tinggi langsung berubah menjadi uap gas bertekanan rendah (35 psi pada 32 ° F atau 0 ° C) yang menciptakan kedinginan di dalam evaporator yang dalam hal ini motor blower melewati udara melewatinya dan masuk ke sistem ventilasi dan masuk ke bagian dalam dari mobil. Seluruh tindakan ini pada dasarnya adalah cairan bertekanan tinggi, lalu dilepaskan ke gas bertekanan rendah.
Jika Anda mengambil sekaleng semprotan rambut dan kemudian melepaskan produk bersama dengan propelan kaleng itu akan menjadi dingin. Ini adalah reaksi kimia yang sama persis yang digunakan oleh AC, satu-satunya pengecualian adalah gas yang ditemukan di dalam evaporator dan kemudian didaur ulang ke dalam sistem. Inti evaporator tampak seperti radiator jongkok kecil yang terletak di dalam kendaraan.
Setelah refrigeran telah menghabiskan muatan dinginnya, ia dikumpulkan ke dalam selang sisi rendah dan ke kompresor di mana sekali lagi diproses. Diagram di bawah ini menunjukkan seluruh sistem dan aliran refrigeran (tekanan tinggi berwarna merah, dan tekanan rendah berwarna biru). Sistem ini ditutup (disegel) yang terus-menerus mengedarkan kembali refrigeran.
Pengering receiver atau akumulator digunakan untuk menyaring dan mengeluarkan lembab dari refrigeran untuk membantu mencegah sistem menjadi rusak karena karat atau korosi. Refrigeran dipindahkan dari satu komponen ke komponen lainnya dengan menggunakan selang atau tabung. Ini akan menjadi sisi tekanan rendah dan tekanan samping yang rendah.
Selang sisi tinggi menghubungkan kompresor ke kondensor, dari kondensor ke katup ekspansi atau tabung orifice yang keduanya terletak di depan evaporator. Sisi bawah yang rendah menghubungkan evaporator kembali ke kompresor. Katup ekspansi atau tabung orifice pada dasarnya melakukan pekerjaan yang sama, sistem akan memiliki satu atau yang lain. Katup ekspansi dapat bervariasi ukurannya karena suhu sedangkan tabung orifice adalah ukuran tetap.
KOMPONEN AIR CONDITIONER
Sistem AC memiliki empat bagian dasar: Sebuah kompresor, yang didukung oleh mesin menggunakan sabuk serpentine dan memiliki port sisi rendah yang terhubung ke evaporator bersama dengan port sisi tekanan tinggi yang terhubung ke kondensor menggunakan selang karet. Kompresor adalah bagian mekanis utama dari sistem dengan cara kerja internal yang harus dilumasi oleh minyak peg (sintetis). Kompresor dilengkapi dengan kopling yang diaktifkan ketika sistem dinyalakan. Bagian internal kompresor mulai berputar melalui tenaga mesin dan menekan refrigeran. Pada mesin hibrida, kompresor bertenaga listrik.
Kompresor kendaraan listrik dan hibrida didukung oleh baterai kendaraan bukan mesin bensin. Motor listrik kecil dipasang di dalam kompresor yang menekan refrigeran. Kompresor ini memiliki sepasang kabel pengukur besar yang membentuk pengontrol kompresor. Kondensor terletak di depan radiator engine dan mendinginkan refrigeran dari kompresor sebelum menuju evaporator yang terletak di dalam kendaraan. Beberapa kondensor dirancang dengan pengering receiver terpasang yang berfungsi sebagai pembersih pendingin dan penghilang kelembaban yang membantu sistem bertahan lebih lama.
Beberapa sistem akan memiliki akumulator yang melakukan pekerjaan yang sama, masing-masing pembuat mobil sedikit berbeda, tetapi melakukan operasi yang sama. Beberapa sistem pendingin udara memiliki kipas terpisah untuk kondensor alih-alih kipas pendingin radiator, atau mereka akan memiliki kipas tambahan untuk membantu kipas radiator mendinginkan refrigeran. Penggemar ini dikendalikan oleh komputer kontrol iklim yang memberikan perintah kepada relai kontrol untuk menyalakan kipas.
Ketika penggemar ini gagal, sistem tidak akan mendingin juga. Kondensor di bawah ini ditempatkan tepat di depan radiator mesin sehingga bisa mendapatkan udara yang ditarik melaluinya seperti radiator oleh kipas pendingin engine. Evaporator adalah tempat kedinginan dibuat menggunakan katup ekspansi atau tabung orifice yang seperti lubang kecil dan di mana cairan tekanan tinggi dilepaskan ke evaporator.
Selang AC digunakan untuk memindahkan refrigeran ke berbagai komponen dan merupakan tempat populer untuk menemukan kebocoran. Port servis sisi tinggi dan rendah digunakan untuk menambahkan Freon dan mengosongkan serta mengisi ulang dan sistem. Port ini biasanya terletak di setiap selang tetapi bisa juga di kompresor atau akumulator.
Penyebab ac gagal bekerja
1. Freon. Hal pertama yang harus diperiksa adalah selalu freon karena Anda bisa rendah. Jika Anda kekurangan freon, itu bisa menyebabkan AC Anda tidak meniup udara dingin. Jangan gunakan perbaikan cepat dalam sekaleng — dapatkan AC Anda diperiksa! Dengan begitu Anda akan tahu bahwa Anda mendapatkan level yang tepat. Saat Anda memeriksanya, kami juga dapat memeriksa kebocoran apa pun, yang akan memberi Anda lebih banyak masalah di masa mendatang.
2. The Register. Banyak kali orang masuk ke mobil mereka dan mendengar bunyi klik, "klik klik klik klik." Ini adalah kebisingan yang sangat umum, terutama di Chevys, Dodges, dan Ford. Anda mungkin mendengar suara di belakang dasbor ketika Anda masuk ke mobil. Ini berarti bahwa mungkin ada masalah dengan register Anda, yang artinya pintu kontrol suhu campuran Anda mungkin tidak bergerak sepanjang jalan, atau sama sekali.
Ketika ini terjadi, Anda bisa mendapatkan setengah udara dingin, setengah panas. Anda mungkin juga memiliki masalah dengan pintu kombinasi yang tidak terbuka di register, yang akan membuat udara tidak bergerak melalui sistem Anda. Anda juga bisa memiliki masalah dengan register dari atas ke bawah, yang berarti dari pencairan defrost ke papan lantai Anda.
3. Sistem kontrol otomatis atau manual. Jika sistem pendingin udara Anda otomatis, itu bisa menjadi sumber masalah. Namun, sistem manual kehabisan vakum, dan jika Anda memiliki kebocoran vakum maka sistem Anda tidak akan beroperasi dengan benar.
4. Kipas angin. Penggemar Anda bisa rusak dan tidak meledak. Ketika itu terjadi sistem Anda masih menghembuskan udara dingin, tetapi Anda akan merasa seperti tidak berfungsi dengan baik.
Apa yang terjadi jika AC kekurangan freon
Freon adalah salah satu pendukung vital pada sistem pendingin kabin alias Air Conditioner (AC) yang berbentuk gas. Kelebihan atau kurangnya tekanan freon akan mengakibatkan hal tidak baik pada sistem kerja AC karena akan membuatnya tidak berjalan normal atau bahkan tidak aktif sama sekali.
freon yang tekanannya rendah akan mengakibatkan pendinginan kurang maksimal karena magnetic clutch pada kompresor AC akan memutus secara otomatis lebih cepat karena tidak cukupnya tekanan freon. Tekanan freon yang kurang akan membuat sensor pada sistem pendingin tidak dapat memberi perintah kepada magnetic clutch untuk mengaktifkan kompresor A. Begitu juga apabila tekanan freon berlebihan juga akan memutus arus listrik magnetic clutch sehingga kompressor tidak akan bekerja. Selain itu apabila tetap dipaksa bekerja juga tidak akan membuat AC lebih dingin suhunya.
Ini karena saat freon bertekanan tinggi malah membuat beban mesin mobil berat karena kompresornya memiliki beban penuh atas freon yang tekanannya terlampau tinggi.

Informasi simulasi kredit dan konsultasi 
Tunas Toyota Serang 
Mas Agus susenda 
087774615744

sumber : ToyotaId

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda