Jumat, 31 Desember 2010

Bonus Akhir Tahun Avanza Matik Pakai Shift Lock




Sebuah bonus akhir tahun diberikan Toyota Avanza. Tanpa banyak pemberitahuan, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memasang shift lock pada semua Avanza otomatis terhitung mulai awal November kemarin.
Bagi sebagian orang fitur tambahan satu ini mungkin dirasa terlalu simpel. Padahal jika tidak ada shift lock akan menyulitkan pengendara ketika parkir paralel mengingat posisi tuas tidak dapat dinetralkan sehingga tidak dapat didorong. Penambahan fitur tersebut tidak sampai menaikkan harga Avanza.
Sebenarnya kami berharap PT TAM akan memberikan nilai lebih pada Avanza. Penyematan Electric Power Steering (EPS) seperti Toyota Rush, misalnya. Sayang hal itu belum terwujud.

AVANZA BARU 2011?
Kendati demikian, kami justru lebih tertarik pada gosip hangat seputar "Avanza baru" yang akan beredar akhir tahun 2011 nanti. Sempat beredar foto di internet yang menyatakan bahwa itu adalah generasi kedua Avanza. Secara resmi PT. TAM belum memberikan tanggapan.

"Bukan bermaksud sombong, tapi dengan produksi hingga 12.000 unit perbulan membuat kami belum berpikiran untuk mengganti model Avanza," urai Achmad Rizal, Product Planning Manager PT TAM, dalam sebuah kesempatan.

"Durabilitas Avanza sudah terbukti kehebatannya. DNA seperti ini akan sulit diganti, apalagi untuk pasar daerah yang memiliki jalan lebih jelek dan cara berpikir lebih konservatif," lanjutnya.

Pernyataannya seperti menjelaskan bahwa sasis monokok yang digunakan mobil dalam foto yang tersebar belum cocok digunakan di sebagian besar wilayah Indonesia.   Apalagi dengan bodi serendah itu menegaskan bahwa ia berpenggerak roda depan. Padahal PT TAM masih sangat percaya dengan keandalan sasis tangga (ladder frame) dan penggerak roda belakang Avanza.

Belakangan disinyalir mobil yang menghebohkan tersebut adalah Perodua Alza. Sebuah MPV Malaysia yang mengambil basis dari Daihatsu Boon Luminas. Tapi serunya, Boon Luminas sendiri adalah hasil kerjasama Daihatsu dengan Toyota yang mengadopsi nama Passo Sette.

Hal itu mengingatkan kita pada kolaborasi Avanza-Xenia. Atau mungkinkah Toyota dan Daihatsu Indonesia bercerai untuk proyek ini sehingga PT. TAM akan melansir Avanza yang berbeda dengan Xenia yang nantinya mengadopsi bentuk Boon Luminas? Atau justru Boon Luminas-Passo Sette akan menjadi versi mahal dari Avanza-Xenia yang tetap seperti sekarang adanya?

We'll see in 2011...

(Sumber: Autobild)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda