Rabu, 06 September 2017

Harga Toyota Calya 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Toyota Calya 2017, Review, Spesifikasi & Gambar



Harga Toyota Calya dan Spesifikasi – Kancah Toyota dalam menggeluti dunia bisnis otomotif pada segmen roda empat, tampaknya bisa dibilang sukses. Pasalnya, hampir setiap produk mobil yang diluncurkan pabrikan asal Jepang tersebut selalu digemari oleh calon konsumen dan tak jarang menjadi primadona pada setiap segmennya. Terkait hal tersebut, belum lama ini Toyota dikabarkan telah meluncurkan sebuah mobil MPV murah yang diklaim sebagai adik dari Avanza, yaitu Toyota Calya. Mobil besutan Toyota yang dikabarkan diluncurkan resmi pada awal Agustus 2016 tersebut tampaknya bakal hadir untuk melengkapi pasar MPV dengan harga yang terbilang terjangkau. Meskipun demikian, Toyota Calya ini juga dibekali spesifikasi dan beragam fitur menarik. Setelah sebelumnya pecinta otomotif kudu puas melihat tampang dari Toyota Calya dari spyshot-spyshot yang beredar di dunia maya, agenda GIIAS 2016 menjadi bukti nyata dari segala kegagahannya. Selain itu, dipastikan mobil keluarga tujuh penumpang ini dijual di kelas mobil LCGC dan bakal hadir dan siap bersaing melawan mobil MPV lain di segmen tersebut yaitu Datsun GO+ Panca. Bagaimana? Semakin penasaran kan dengan harga Toyota Calya ini?

Berkaitan dengan hal tersebut, jika melihat Toyota Calya ini, tampaknya mobil MPV LCGC tersebut memiliki bentuk bodi yang lebih besar sehingga Toyota Calya bisa mengusung 7 orang penumpang dalam kabinnya. Selain itu, desain bodinya juga terbilang cukup simple namun tetap menampilkan kesan yang elegan yang tampak pada lekukan halus di samping bodinya. Di sisi lain, untuk urusan permesinan, Toyota Calya mengusung mesin Dual VVT-I dengan kapasitas 1.197 cc dengan varian sistem transmisi otomatis dan manual sehingga cukup mendukung jika dikendarai dengan bobot 7 penumpang sekaligus. Selain itu, Toyota Calya juga dilengkapi dengan perlengkapan safety yang cukup oke untuk kategori mobil LCGC seperti rem ABS dan Dual SRS Airbag. lebih-lebih, Toyota Calya ini juga hadir dengan beberapa varian, yaitu E MT, G MT, E AT, dan G AT yang setiap varian memiliki harga yang berbeda-beda. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, kali ini Mas Sena akan mengulas lengkap mengenai spesifikasi dan harga Toyota Calya pada beberapa segmen berikut. Yuk, kita simak bersama.


Eksterior Review Toyota Calya

Sektor Eksterior Mengusung Desain Simple Namun Tampilkan Kesan Elegan

Berbicara pada tampilan dari spesifikasi Toyota Calya ini, pastinya hadir dengan memberikan tampilan dengan gaya yang sederhana namun tak menghilangkan kesan mewahnya. Jika meraba pada tampilan depannya, ada sedikit perbedaan dengan saudara kandungnya, yaitu Toyota Agya. Pada sektor wajahnya, Toyota Calya  ini mengadopsi konsep ‘keen look’ seperti keluarga Toyota yang lain. Lampu depannya dirancang dengan sudut yang tajam bahkan bisa dikatakan hampir mirip dengan Toyota Avanza. Lalu, menginjak pada sektor tengahnya, Toyota Calya ini dilengkapi juga dengan grille yang tidak memiliki aksen chrome dengan logo ‘Burung Garuda’ di sektor tengahnya di mana menyambung pada bagian bawahnya yang memiliki lubang udara berbentuk trapesium. Lalu, jika dilihat dari samping, hal yang cukup menonjol dari Toyota Calya ini yaitu bodinya yang terkesan lebih bongsor, terutama tampak pada bodi bagian belakangnya yang terkesan mendapatkan tambahan ruang. Lalu, menginjak pada seperempat bagian akhir dari bodinya, Toyota Calya menampilkan wujud yang hampir memiliki kemiripan dengan GO+ Panca. Hal ini tampak dari desain kaca samping belakangnya. Meskipun demikian, hal yang cukup mengejutkan terletak pada sektor buritannya di mana konfigurasi lampu belakang Toyota Calya ini dirancang yang mirip dengan milik sang Kakak, Toyota All-new Kijang Innova. Lampu belakang berbentuk huruf ‘L’ terbalik dengan reflektor horizontal yang terletak di pintu bagasi. Tampaknya, memang sektor eksterior dari spesifikasi Toyota Calya ini mengusung konsep desain yang cukup simple namun tetap meemberikan tampilan yang elegan.

Ruang Kabin Luas Mengusung Desain Khas Toyota
Setelah meraba pada sektor eksterior, kali Ini saya mengajak kawan-kawan semua untuk masuk ke dalam ruang kabin dari spesifikasi Toyota Calya. Pada sektor interior dari mobil MPV LCGC ini, Toyota Calya ini hadir dengan gaya desain yang cukup mengagumkan. Pertama, pada dashboardnya tampil dengan gaya rancang yang terkesan simple di mana dashboardnya mengadopsi sistem multi layer dashboard untuk varian yang mewah ini. Tepat dibawah audio tersebut terdapat switch AC yang berada di samping tuas transmisi. Lalu, menginjak pada bagian kemudinya, terdapat finger rest tepat disamping palang stir dengan logo Toyota di bagian tengahnya. Tepat di bawah logo Toyota bagian setir Toyota Calya, terdapat logo SRS Airbag. Kemudian, di depan kursi penumpang, terdapat ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan beberapa barang. Di bagian atasnya terdapat airbag yang tentunya bersembunyi dibalik dashboard Calya ini. Tak sampai di situ saja, kabin dari Toyota Calya ini memang dirancang lebih luas sehingga bisa menopang hingga 7 penumpang. Pasalnya, pada bangku baris ke 2 dan ke 3 tampak luas dan nyaman. Hal tersebut berkat diusungnya konsep desain bubble head lining, yaitu bentuk atap pilar C yang lebih menggembung ke atas yang dirancang dengan tujuan untuk memberi kenyamanan dudu kepada penumpnag meski atap mobil ini rendah. Selain itu, jika dilihat dari samping, tampak kabin dari bangku yang dimasukkan dalam spesifikasi Toyota Calya ini memiliki warna yang mirip dengan model “kakaknya” Avanza.

Dimensi Lebih Luas Didukung Suspensi Kokoh
Lanjut pada pembahasan berikutnya, saya akan mengulas secara detail mengenai sektor dimensi yang diusung dari spesifikasi Toyota Calya. Langsung saja, Toyota Calya ini memiliki dimensi dengaan panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu rodanya 2.525 mm. Melihat dimensi yang diusung Toyota Calya tersebut, tampaknya memang mobil garapan Toyota tersebut bakal memiliki dimensi yang lebih luas. Selain itu, Toyota Calya juga memiliki ukuran ground clearance 180 mm sehingga mobil MPV LCGC ini akan mudah dikemudikan di medan yang kurang rata dan banyak bebatuan dengan lancar dan aman. Bahkan, kenyamanan akan semakin bertambah berkat dua jenis suspensi yang terpasang. Pada suspensi depan, Toyota Calya mengusung suspensi MacPherson. Sedangkan, untuk bagian belakangnya mengandalkan Semi Independent Torsion Beam. Kedua suspensi tersebut akan dipasangkan dengan per ulir yang akan menjadikan peredamannya lebih lembut dan nyaman. Untuk remnya,  bagian depan dari Toyota Calya ini menggunakan ventilated disc dan di belakang masih menggunakan drum. Terakhir, spesifikasi Toyota Calya ini menggunakan velg alloy 14 inci.
Andalkan Mesin 3NR Hasilkan Performa Maksimal
Setelah kita mengulas sektor eksterior, interior dan dimensi maupun suspensinya, saatnya kita mengulas pada bagian dapur pacu dari spesifikasi Toyota Calya. Mobil garapan pabrikan asal Negeri Bunga Sakura ini, menggendong mesin 3NR yang memiliki kapasitas hingga 1.197 cc dengan 4 silinder. Mesin 4-silinder segaris ini sudah mengusung teknologi Dual VVT-i yang mampu menghasilkan semburan tenaga 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm. Dengan berbekal tubuh yang lebih besar dan juga akan menampung bawaan lebih banyak Toyota Calya menurut kabar bakal didukung oleh sistem transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Selain itu, untuk konsumsi BBM Toyota Calya seharusnya bisa mencapai 1:20 karena syarat untuk menjadi mobil LCGC yang mendapatkan potongan pajak adalah konsumsi BBM dengan perbandingannya 1:20 yang artinya 1 liter BBM bisa untuk perjalanan 20 Km. Jadi, bisa dikatakan bahwa Toyota Calya ini akan dijamin irit seperti Agya, Ayla, Karimun Wagon R, Brio Satya, Datsun Go+ dan lain-lain yang kesemuanya sudah melalui pengujian tes yang mampu menempuh lebih dari 20 km untuk 1 liter BBM-nya dalam rute bebas hambatan. Sebagai LCGC tentunya spesifikasi Toyota Calya pada bagian ini merupakan idaman bagi para konsumen nantinya.

Dilengkapi Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Canggih
Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan terakhir dari spesifikasi Toyota Calya di mana pada pembahasan ini, Mas Sena akan mengulas fitur-fitur apa saja yang diusung Toyota Calya ini. Pertama, untuk fitur kenyamanannya, Toyota Calya dilengkapi dengan Rear AC Circulator yang mampu menjaga suhu dalam kabin tetap stabil. Lalu, ruang kaki dan kepala juga cukup lebar dengan deretan kursi yang bisa diatur sedemikian rupa serta bisa dilipat sehingga bisa membawa barang yang besar. Selain itu, fitur kenyamanan Toyota Calya ini juga didukung dengan fitur hiburan yang lengkap, seperti audio dan video system hingga port USB untuk mendukung kebutuhan konektivitas gadget. Tak ketinggalan juga, 2 speaker untuk model E dan 4 speaker untuk model G siap memberikan kenyamanan fitur audionya. Di sisi lain, untuk pengemudi terdapat posisi kemudi yang memang dirancang senyaman mungkin sehingga seluruh device mudah diakses dengan mudah. Bahkan, dengan MID Digital yang akan selalu siap memberikan data realtime kendaraan kepada pengemudinya. Menginjak pada fitur keselamatan, Toyota Calya juga dilengkapi dengan Seatbelt 3 point sehingga mampu lebih tepat mengamankan penumpang dan pengemudi dalam hal terjadi rem mendadak. Selain itu, fitur keselamatan Toyota Calya ini juga didukung dengan sistem pengereman canggih di mana untuk varian E, pada rem depan akan mengandalkan rem cakram. Sedangkan, untuk rem belakang masih mengandalkan rem tromol. Sedangkan, untuk varian G sudah menggunakan rem ABS. Tak sampai di situ saja, untuk menunjang keamanan, Toyota Calya ini dilengkapi dengan fitur immobilizer dan remote alarm. Melihat fitur-fitur canggih tersebut, tampaknya memang spesifikasi Toyota Calya ini memang bakal memberikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan kepada pengemudi maupun penumpangnya.

Video Toyota Calya

Berikut ini adalah video Toyota Calya yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Toyota ini:

Spesifikasi Toyota Calya

TipeE A/TE M/TG A/TG M/T
Dimensi
Overall Panjang / Length4070
Overall Lebar / Width1655
Overall Tinggi / Height1600
Jarak Poros Roda / Wheelbase2525
Jarak Pijak / Tread (Depan/Front)630
Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear)915
Jarak Terendah / Ground Clearance
Radius Putar / Turning Radius
Berat Kosong / Curb Weight
Sasis
Transmisi / Transmition5-Speed Manual4-Speed Automatic5-Speed Manual4-Speed Automatic
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 1st3.4172.7313.4172.731
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 2nd1.961.5261.961.526
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 3rd1.2511.251
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 4th0.9170.6960.9170.696
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 5th0.7070.707
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 6th
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Reverse3.1432.293.1432.29
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Final5.0774.8395.0774.839
Suspensi Depan / Front SuspensionMacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang / Rear SuspensionSemi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem Depan / Front BrakeVentilated Disc
Rem Belakang / Rear BrakeDrum
Sistem Rem Tambahan / Additional Brake System
Steering GearRack and Pinion
Ukuran Ban / Tires Size175/65R14 Two-Tone Machining Alloy
Mesin
Seri Mesin / Machine Serial3NR
Tipe Mesin / Engine TypeIn-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder / Displacement (cc)1197
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm)72.5 x 72.5
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm)88 / 6,000
Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm)11/4200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System
Bahan Bakar / Fuel
Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter)36
Steering (Power Steering)Electronic Power Steering (EPS)
Eksterior
Fog LampYa
Rear Combination LampTidakYa
Interior
Tempat Duduk7-seater
Multi Layer dashboardTidakYa
Combination MeterYa
Front ArmrestYa
Spion ElectricYa
Power Charging StationTidakYa
Keamanan dan Kenyamanan
ImmobilizerYa
Dual SRS AirbagYa
Seat BealtYa, 3 Point
ISOFIXYa
ABSTidakYa
Rear Parking SensorYa
Anti Theft SystemToyota
Rear AC CirculatorYa
One Touch TumbleYa
HeadreastAll

Harga Toyota Calya

Kini saatnya saya akan mengulas secara lengkap mengenai  harga Toyota Calya. Namun, sebelum jauh mengulas masalah harga, saya akan sedikit memberikan kesimpulan dari spesifikasi yang dibahas sebelumnya. Tentu saja, kesimpulan yang ini tidak lain bertujuan untuk mengkaji kesesuaian harga Toyota Calya dibandingkan dengan spesifikasinya. Jika dilihat secara kasat mata, memang tampilan dari Toyota Calya ini mengusung bentuk bodi yang bongsor. Selain itu, desain lampu dan grille yang begitu tampak elegan, sangat menggoda calon konsumen. Di sisi lain, pada sektor dapur pacunya, Toyota Calya ini mengandalkan mesin 3NR dengan kapasitas 1.200 cc. Sebagai mobil MPV LCGC, tampaknya sangat wajar jika harga Toyota Calya ini dibanderol dengan nominal yang terjangkau. Lantas, dengan berbagai macam keunggulan spesifikasi tersebut, kira-kira berapa ya harga Toyota Calya ini?
berikut harga toyota untuk wilayah banten 
Harga Toyota Calya
Tipe
Toyota calya Tipe E M/T STD Rp. 134.950.000,00
Toyota Calya Tipe E A/TRp. 137.750.000,00
Toyota Calya Tipe G M/TRp. 143.250.000,00
Toyota Calya Tipe G A/TRp. 155.250.000,00
Daftar Harga Mobil Toyota

Catatan : 
  • Harga mobil Toyota Calya diatas merupakan harga OTR banten meliputi toyota serang, toyota cilegon, toyota tangerang, toyota pandeglang, toyota lebak 
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Toyota Calya

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda