Selasa, 08 November 2011

Pabrik Toyota Paling "Hijau" di Eropa



LONDON, KOMPAS.com — Meski sedang dipusingkan pasokan komponen yang tersendat akibat banjir Thailand, Toyota tetap bisa berprestasi dengan menyabet penghargaan "Green Manufacturing Award 2011" di Eropa. Penghargaan yang diberikan oleh World Trade Group ditujukan pada fasilitas produksi di Burnaston dan Deeside, Inggris.

Kedua pabrik Toyota di Inggris itu menggunakan 17.000 panel solar yang luasnya setara 4,3 kali lapangan sepak bola. Hasilnya, tenaga listrik berdaya 4,6 juta kWh bisa digunakan untuk memproduksi 7.000 mobil per tahun. Pabrik ini juga bisa mengurangi pengeluaran karbon dioksida sampai 2.000 ton per tahun atau setara dengan bobot 260 unit bus tingkat.

Penghargaan ini bukti dari kinerja sebuah perusahaan yang paling menonjol dalam hal manufaktur yang pro terhadap lingkungan hidup. Selain memaksimalkan penggunaan energi ramah lingkungan, Toyota juga menunjukkan efisiensi dalam penggunaan energi, pengolahan air, dan penanggulangan limbah.

Steve Hope, General Manager of Plant Engineering and Safety Toyota Inggris, menerima penghargaan di ajang Strategic Manufacturing Awards di Dusseldorf, Jerman. "Penghargaan ini menjadi penghargaan tertinggi terhadap kinerja luar biasa para tim di semua fasilitas perakitan kami di Eropa yang terus mencoba menerapkan keahliannya menerapkan Toyota Production System dalam kesehariannya," beber Steve dalam keterangan resmi yang dilansir Toyota Inggris, Senin (7/11/2011).

(Sumber: Kompas)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda